Tuesday, December 12, 2006

sanggup dan tidaknya

kehidupan yang berbagai macam fenomena,
melaksanakan aktivitas, dan tuntutan lainnya
serta melaksanakan dan menjalani ajaran Agama.

tahap pertama
seorang anak yang menuntut ilmu dan pendidikan sampe nantinya berkerja.
"apakah aku bisa menjadi seseorang yang dapat dibanggakan oleh kedua orang tua aku"

tahap kedua
mencari jati diri dan mencari pasangan untuk memulai hidup baru, membina rumah tangga.
"Apakah diriku bener-benar telah siap dan sanggup untuk kejenjang
membina rumah tangga dan menjadi suami yang baik dan bijak, sanggupkah aku untuk menghidupi keluargaku"

tahap ketiga
memiliki seorang anak sangatlah bahagia, suatu kebanggaan suami istri,
"Apakah diriku sanggup membiayai semua biaya melahirkan, perawatan dan kebutuhannya kelak
apakan kehidupan keluargaku seperti ini terus"

tahap keempat
kerukunan dan keharmonisan keluarga, serta melihat anak menjadi dewasa.
"Apakah tahap kehidupan berubah dan penghasilan bertambah, dengan biaya pendidikan anak serta keperluan lainnya sungguh tidak dapet dibayangkan"

tahap kelima
segala sesuatunya kalau tidak ada niat dan tidak dijalani, aku percaya bahwa aku mampu untuk melaksanakan semuanya, tanpa menjalaninya darimana aku tahu bisa berhasil dan bisa menjalani hidup ini. semuanya ada rejeki masing" dan telah ditentukan oleh yang diatas.
intinya niat, usaha dan kemauan serta tekad untuk menjalaninya. dan saat ini aku lagi menghadapi tahap kedua,

No comments: